Bagi para
pemilik bisnis, sales & marketing, copywriter dan designer sudah seharusnya
mengetahui bahwa Bahasa, emosi, dan tindakan akan mempengaruhi seseorang untuk
memutuskan sesuatu, termasuk membeli produk Anda. Kata atau frasa tertentu
memang sudah teruji dapat meningkatkan respondan konversi penjualan. Hampir
sama dengan kata
– kata
motifasi, tetapi ini terlihat sedikit berbeda. Berikut akan saya share 30 kata
marketing ajaib yang harus Anda terapkan pada posting social media, artikel,
email penawaran, konten website, dan sebagainya:
1. Anda
Menulislah
seolah – olah Anda sedang ngobrol dengan teman Anda, jangan membayangkan diri
Anda yang berasumsi sendiri.
2. Karena
Beri
pelanggan Anda alasan untuk segera melakukan “action”. Perhatikan juga sasaran
pelanggan (target market) Anda, karena alasan untuk target market yang tidak
tepat justru akan membuat Anda dianggap bodoh.
3. Gratis
Karena semua
orang menginginkan hal yang berbau gratis. Coba tanyakan kepada 10 teman Anda
maka semua pasti akan memilih sesuatu yang gratis daripada yang berbayar.
4. Nilai
Buat seolah –
olah pelanggan mendapatkan sesuatu, bukan kehilangan sesuatu. Contohnya jangan
menggunakan kata “uang”, melainkan “biaya” atau “harga”, karena jika Anda
mengatakan “uang”, maka pelanggan akan terkesan kehilangan uang mereka. Tetapi
gunakan kata “biaya”, maka mereka akan terkesan mendapatkan sesuatu kemudian
memberikan gantinya.
Berikan
garansi kepada calon pelanggan Anda, sehingga mereka akan merasa aman terhadap
kemungkinan resiko yang akan dihadapi. Garansi tidak harus muluk – muluk, yang
simple dan mudah pun tidak menjadi masalah, asalkan dikemas dengan kata-kata
yang bagus. Yang terpenting adalah Anda harus “sanggup” memenuhi garansi
tersebut. Garansi ini sebagai ikatan Antara Anda dan calon pelanggan Anda.
6. Luar biasa
Seperti
halnya GRATIS, orang cenderung senang dan cepat tanggap dengansesuatu yang luar
biasa.
7. Mudah
Buatlah
langkah yang semudah mungkin untuk calon pelanggan Anda menjadi pelanggan Anda.
Bahkan kalau perlu hanya satu langkah mudah agar bisa menikmati kemudahan
layanan Anda.
8. Temukan
Ciptakan hal
baru dan buat pelanggan Anda penasaran dan ingin mencoba hal tersebut. Dalam
hal ini yang perlu diperhatikan adalah cara menyampaikan hal baru tersebut
kepada calon pelanggan Anda dan buat mereka penasaran untuk menemukan hal baru
tersebut.
9. Sekarang
Buat motivasi agar pelanggan Anda melakukan keputusan atau
tindakan saat itu juga.
10. Include
Sampaikan
kepada pelanggan Anda bahwa semua kebutuhan pentingnya sudah termasuk dalam
produk/layanan Anda.
Tunjukkan
kepada pelanggan Anda tentang keuntungan negative. Bagaimana bisa keuntungan
negatif itu ada? Bisa saja, misalnya : “Anda tidak akan lagi membayar….” dan
“Anda tidak perlu khawatir lagi tentang …..”.
12. Terbaru
Sampaikan
kepada calon pelanggan Anda bahwa produk/layanan Anda adalah yang terbaru
dibidangnya, atau menggunakan teknologi terbaru, atau yang pertama kali di
dunia/di Indonesia/Jawa Timur.
13. Hemat
Setiap orang
ingin menekan pengeluarannya, atau dengan kata lain berhemat sebanyak mungkin.
Jadi tekankan kepada calon pelanggan Anda bahwa dengan membeli
produk/layananAnda, maka mereka akan menghemat sekian rupiah.
14. Terbukti
Tujukkan
sebuah riset atau testimonial dari kerabat Anda yang membuktikan bahwa
produk/layanan Anda sudah terbukti kualitasnya.
15. Aman dan
efektif
Kata-kata ini untuk meminimalisir persepsi negative
tentang resiko dan kerugian.
16. Tepat guna
Beritahu
calon pelanggan Anda bahwa produk atau layanan Anda benar-benar tepat guna bagi
mereka.
17. Nyata
Hampir sama
dengan TERBUKTI, bahwa calon pelanggan Anda membutuhkan sesuatu yang nyata
sebagai pendorong untuk memutuskan membeli produk/layanan Anda.
Tidak semua
orang bisa berhasil, dan pasti ada rahasia dibalik kesuksesan tersebut.
Sampaikan rahasia produk/layanan Anda mengapa bisa menjadi solusi kepada calon
pelanggan Anda tersebut. Karena hamper setiap orang senang jika diberitahu
sebuah rahasia.
19. Solusi
Tunjukkan
bahwa produk/layanan Anda benar-benar menjadi solusi untuk calon pelanggan
Anda.
20. Instan
Tunjukkan kecepatan akses atau kesigapan pelayanan dari
team Anda.
21. Bagaimana
Tunjukkan kepada calon pelanggan Anda bagaimana Anda
menyelesaikan masalahnya.
22. Gengsi
Tunjukkan
kepada calon pelanggan Anda bahwa dengan menggunakan produk/layanan Anda,
mereka akan mendapatkan gengsi yang tinggi. Setiap orang di Indonesia senang
akan gengsi.
23. Eksklusif
Tunjukkan
bahwa produk/layanan Anda adalah istimewa jika dibandingkan dengan kompetitor
Anda.
24.
Disebabkan oleh
Analisa
dengan cermat problem calon pelanggan Anda dan berikan alas an kenapa hal
tersebut dapat terjadi. Hal ini akan membuat Andaterkesan “smart” dan otomatis
calon pelanggan Anda pun akan lebih percaya dengan Anda.
Apakah Anda
memberikan lebih dari yang pesaing Anda tawarkan? Pastikan calon pelanggan Anda
mengetahui kelebihan Anda tersebut.
26. Tawar –
menawar
Berikan
kesempatan bagi calon pelanggan Anda untuk melakukan penawaran, bisa berupa
penawaran harga, fitur, atau garansi. Budaya masyarakat Indonesia adalah
menyukai tawar – menawar, dan ingin memperoleh lebih. Jadi berikan itu kepada
mereka.
27. Tidak ada
kewajiban
Hal ini untuk
memastikan kepada calon pelanggan Anda bahwa setelah menggunakan
produk/layananAnda, mereka tidak ada beban atau tanggungan lagi.
28. 100%
Garansi uang kembali
Semua orang
menginginkan suatu kenyamanan dalam bertransaksi. Salah satunya yaitu jaminan
uang kembali apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada barang yang
dibelinya. Namun tetap ingat, hanya berikan garansi ini jika Anda yakin bahwa
produk/layanan Anda benar – benar “powerfull”.
29. Besar
Buat diskon
yang besar dan penawaran yang tinggi sehingga calon pelanggan Anda tidak
sanggup lagi mengelak untuk tidak membeli produk/layanan Anda.
30. Kekayaan
Setiap orang
ingin kaya, termasuk saya, Anda dan banyak lainnya. Jadi tunjukkan bahwa
produk/layanan Anda bisa mendukung keinginan setiap orang tersebut.
Nah, sekarang
tinggal bagaimana kita sebagai seorang pelaku marketing untuk mengkombinasikan
kata-kata tersebut untuk mencuri hati calon pelanggan Anda agar membeli
produk/layanan Anda. Lakukan sekarang dan tingkatan “conversion rate” penjualan
Anda. Selamat mencoba ;-)
Title :
30 KATA AJAIB MARKETING BISNIS
Description : Bagi para pemilik bisnis, sales & marketing, copywriter dan designer sudah seharusnya mengetahui bahwa Bahasa, emosi, dan ti...
Rating :
5